
BPSIP Ikuti Bimtek Pengelolaan SP4N LAPOR
KOTA JAMBI - Rabu (11/12/2024), BPSIP Jambi mengikuti Bimtek Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) di Kementerian Pertanian Tahun 2024. Dihadiri oleh seluruh pegawai yang menangani PPID dan pengaduan masyarakat se Kementerian Pertanian.
Bimtek ini bertujuan Sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publiK melalui pengelolaan pengaduan masyarakat. Untuk memastikan respon yang cepat dan solusi efektif terhadap pengaduan masyarakat dengan target penyelesaian laporan hingga 100% pada tahun 2024. penyediaan layanan publik yang berkualitas tinggi tergantung pada kapasitas dan profesionalisme ASN di tingkat unit layanan untuk penanganan pengaduan dari masyarakat untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan Publik yang baik. Sehingga diperlukan kualitas dan kapasitas bagi ASN untuk mampu mengelola laporan dan aduan melalui SP4N-LAPOR. Di perlukan integrasi sIstem teknologi informasi seperti kecanggihan teknologi AI untuk mempercepat pengelolaan pengaduan secara efektif.
Dikarenakan pentingnya pelayanan publik yang transparan dan akuntabel dalam menangani setiap laporan masyarakat maka peserta bimtek diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat agar mampu menindaklanjuti laporan dan memahami mekanisme teknis pengelolaan yang masuk ke SPAN LAPOR dengan baik dan benar sekaligus mendukung keterbukaan informasi dan respon cepat terhadap keluhan maupun aspirasi publik sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa terus ditingkatkan.