PBT BSIP Jambi ikuti Public Hearing BPSI Tropika
Muaro Jambi – Kamis, 23 November 2023 PBT BSIP Jambi mengikuti Public Hearing Standar Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh BPSI Buah Tropika Solok, Sumatera Barat secara daring. Acara dibuka oleh Kepala BPSI Buah Tropika Yunimar, S.Si., M.Si. dalam sambutannya beliau berharap dapat mendapatkan saran dan masukkan dari para stake holder terkait sehingga dapat memberikan semangat baru dalam pelayanan publik khususnya di BPSI Tropika, untuk mewujudkan tujuan kementerian pertanian yaitu Maju, Mandiri, Modern.
Perwakilan Ombudsman Sumatera Barat Yefri Heriani., S.Sos., M.Si menyampaikan materi mengenai Standar Pelayanan Publik. Beliau menjelaskan bahwa Ombudsman merupakan lembaga Negara yang memiliki wewenang untuk melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pelayanan public. Beliau juga menegaskan bahwa pengguna pelayanan public harus memastikan Partisipasi masyarakat, petani, dan stake holder lainnya, terkait waktu dan proses pelayanan sehingga layanan yang diberikan dapat dirasakan oleh penerima layanan.
Selanjutnya, penyampaian materi mengenai Kebijakan Pelayanan Publik Kementerian Pertanian yang disampaikan oleh perwakilan Biro OK Dewi Ratna. Kepala Biro OK Kementan Drs. Zulkifli, MM mengapresiasi kegiatan Public hearing yang telah diselenggarakan oleh BPSI Tropika, beliau juga menyampaikan beberapa point mengenai visi pelayanan public seperti percepatan pelayanan, efisiensi pelayanan, akurasi pelayanan dan fleksibilitas kerja.
Dalam pelayanan public diperlukan jaminan keamanan kepada setiap pengguna layanan dalam hal ini adalah pelapor dan terlapor, sehingga apa yang disampaikan dapat segera ditindaklanjuti. Dalam melakukan pelayanan public harus jelas dan tidak adanya pungli yang dilakukan secara kesengajaan, sehingga diperlukan adanya pengawasan yang harus selalu dilaksanakan. Masyarakat merupakan pengawas eksternal pelayanan publik yang dapat menyampaikan pengaduan melalui pelaporan publik.
Layanan publik merupakan tanda negara hadir dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Sapa, Salam, Senyum menuju percepatan peningkatan pelayanan public. Layanan pertanian berkualitas prima mendukung Pertanian Maju Indonesia Jaya. (Ivm, Ls)